Senin, 05 September 2011

fitness untuk pemula(menurunkan berat badan)

hai.. ini kali pertama nya gw buat blog..
hari ini gw kan bahas menegnai fitness untuk pemula .
tujuan orang fitness ada banyak macemnya bro.


1. Menurunkan berat badan
2. Naikin berat badan
3. Menambah stamina dan kekuatan,
4. ikut"an temen doank, dan masih banyak lagi.

Tapi di postingan gw kali ini akan gw bahas yang menurunkan berat badan saja..

sebelum gw ngebahas lebih lanjut, ada yg mw gw tanya dulu??? menurut u, berat badan ideal itu segimana si?

hmmmmm.. pasti banyak yg bilang tinggi badan dikurang 110 ya??
sebetulnya prinsip nya bukan seperti itu. sebetulnya tubuh ideal itu diliat dari lemak yang ada di badan kita.
"ukur lemak?? emang nya pake apa?" banyak banget alat buat ukur lemak. salah satu nya dengan timbangan.
banyak di toko toko yang menjual timbangan lemak(bisa juga dibeli di gramedia).. hehehe
nahh sekarang kalian bisa tw apakah badan kalian ideal/ belum dengan timbangan lemak ini. kalo untuk cowo ideal nya berlemak 10-15% sedangkan yang cewe 15-20%. tapi biasanya para binaragawan dan binaragawati lemaknya dibawah 10%.. heheheh


nahh ini dia contoh tubuh ideal.. hehe kalian semua tw kan artis hollywood dibawah ini??












nahh setelah tw prinsip berat badan ideal langsung saja kita mulai.

1. menurunkan berat badan
Dalam tahap ini bertujuan untuk mengurangi lemak dalam tubuh dan mempertahankan massa otot..
Anda dapat mengurangi lemak dengan cara berolahraga. makan-makanan berprotein tinggi rendah karbo dan lemak, serta istirahat cukup(8 jam sehari).
banyak sekali perempuan yang fitness dengan tujuan membuang lemak hanya dengan trade mill dan ikut kelas kelas saja. Sebetulnya cara itu kurang efektif. Penelitian membuktikan bahwa untuk memaksimalkan pembakaran lemak harus latian cardio(trademill) disertai latian angkat beban.sebaiknya latian cardio dilakukan sebelum dan setelah latian beban. tapi INGAT!! jangan melakukan latian cardio lama" sebelum latain angkat beban. latian cardio sekitar 5-10 menit saja sebelum angkat beban, karna itu akan membuat tenaga kita berkurang saat latian angkat beban. setelah latian beban barulah anda dapat melakukan latian cardio secara maksimal. dan ada satu hal lagi, waktu latian nya jgn lebih dari 1jam karna setelah anda melakukan latian lebih dari 1 jam maka akan terjadi penyusutan otot(katabolik).

Bagaimana lemak dibakar untuk memperoleh tubuh ideal??? Lemak dibakar saat karbohidrat di tubuh kita sudah habis.  Kapan karbohidrat di tubuh kita habis?? Karbohidrat di tubuh kita habis saat di pagi hari pada saat bangun tidur, dan setelah anda melakukan angkat beban.
Bagaimana prinsip latian kardio:
Kita mengira bahwa bila kita semakin cepat berlari di atas trade mill, keringat keluar deras, maka lemak pun sudah terbakar. Pernyataan tersebut SALAH!! yang dibakar bukan lemak melainkan kalori. Nahh setelah kalori kita habis barulah lemak yang dibakar. Semakin cepat kita berlari di atas trade mill ternyata banyak membakar kalori bukan lemak.Lemak dibakar secara optimal dengan cara melakukan moderate exercise. Yaitu olahraga menengah. Pembakaran lemak secara optimal saat kita berlari di atas trademill dengan intensitas menengah, saat detak jantung kita 65%.
Cara menghitung nya dengan (220-UMUR)x 0.65
Contohnya, saya berumur 16 tahun. (220-16)x0.65=133
Jadi lakukan latian cardio dengan detak jantung sebesar 65%. Di atas trade mill, hal ini sama dengan berjalan cepat, bukan berlari!

Sekarang bagaimana dengan olahraga angkat beban?? Olahraga angkat beban hanya membakar karbohidrat saja. Namun dengan menggabungkan olahraga angkat beban dengan olaharaga cardio akan menghasilkan pembakaran lemak secara optimal.

Nah skrangg akan gw ksh tw progam latihan nya:

Hari Pertama: Dada, Trisep, Forearms, Perut
Hari Ketiga: Punggung, Bisep, Trapesius, Perut
Hari  Kelima: Kaki, Bahu, Perut
Progam latian nya gk harus sama kyk gini, kalian bisa memvariasikan nya sendiri, tapi yang jelas jangan melatih otot yang sama(kaki, dada, punggung) lebih dari 2x seminggu, kecuali perut

Nah trus anda bisa maen 3-4 alat untuk otot besar(dada, punggung, kaki) dan 1-2 alat untuk otot kecil(otot selain otot besar). Dengan repitisi 8-12x. Dan istirahat sekitar 30detik tiap set nya.
repetisi yang dimaksud disni buka hanya sekedar repetisi. Gw ksh contoh ni:
anda melakukann 8-12repetisi. itu berarti anda mengangkat beban dimana pada repetisi 8-12 anda sudah tidak mampu mengangkat lagi. Namun kalau ditanya,''Misalnya tadi diteruskan sampai 13 repetisi masih mampu ngak?'' dan bila anda menjawab masih mampu, berarti beban yang digunakan belum maksimal.

Lakukan latian cardio sebelum dan setelah angkat beban!


Untuk pola makanan anda bisa makan makanan berprotein tinggi rendah karbo dan rendah lemak. Disertai susu whey protein dan suplemen fat burn untuk memaksimalkan pembakaran lemak anda..

SELESAI!!!

Tunggu postingan gw selanjutnya yahh ttg cara fitness untuk naikin berat badan, nambah stamina, dan power... Dan masih banyak lagi.. hehehe..
Comennnt nyaa Ditunggu..

1 komentar: